Sabtu, 08 Mei 2010

MAKAM JUANG PEMBUNUHAN JEPANG, KETAPANG

Makam Juang yang terabaikan
Mungkin agak sedikit asing di Ketapang, ada sebuah tempat yang di mana dahulunya adalah bekas kekejaman bangsa Jepang yang menjajah warga Ketapang dengan berbagai etnis yang menjadi korbannya. Sebelum itu saya memfoto terlebih dahulu di sekeliling Makam, dan memang sangat menyedihkan melihat tempat itu, ilalang yang berserakan menumbuhi area makam, bahkan pagar yang seharusnya menjadi pelindung makam tersebut.

Ukiran Kekejaman Jepang
Namun di saat kita perhatikan relief yang terukir di bongkahan dinding semen tepat di atas makam, kita akan melihat sebuah ukiran yang menggambarkan penyiksaan bangsa Jepang. Ada berbagai macam etnis yang menjadi korban kekejamannya. Semua wajah ditutup dengan sebuah karung dan ada yang dieksekusi pancung oleh serdadu Jepang. Jika kita membayangkan saat-saat itu, sungguh biadap! Betapa kejamnya orang Jepang memperlakukan masyarakat pribumi untuk keuntungan mereka sendiri, bahkan nyawa bisa melayang jika tidak sesuai dengan perintah orang Jepang.

Prasasti Makam Juang
Maka dari itu, mengingat tempat tersebut adalah sebuah monumen penting, saya himbau bagi Pemerintah Ketapang untuk memugar kembali Makam Juang yang lokasinya berdekatan dengan LP di Jalan S.Parman, samping SD MIN Ketapang. Tempat bersejarah adalah kewajiban kita sebagai masyarakat Ketapang untuk melestarikannya. Karena banyak yang telah menjadi korban kekejaman Penjajahan Jepang dan jangan sampai hal mudah ini saja disia-siakan. Hormatilah mereka yang telah mati demi Ketapang ini supaya kita bisa tahu, bahwa dahulu sebelum masa-masa perdamaian dunia sekarang ini pernah terjadi sebuah insiden besar demi memperjuang Ketapang dari penjajah. Sekian.

0 komentar:

Poskan Komentar

Trima kasih atas kritik dan saran, silakan:

 
Cheap Web Hosting | new york lasik surgery | cpa website design